Selasa, 30 Oktober 2012

Cara Masyarakat Mewariskan Masa Lalu

  1. Melalui Keluarga
Keluarga sangat berperan dalam mewariskan masa lalu karena kesempatan berinteraksi lebih besar. Hubungan keluarga bersifat intim dan langgeng. Dalam keluarga ada beberapa cara dalam mewariskan masa lalu antara lain :
  1. Melalui adat istiadat
Merupakan tradisi/ kebiasaan yang dilakukan dalam keluarga. Kebiasaan tersebut diwariskan kepada anak melalui sosialisasi.
Sosialisasi dibagi menjadi 2 yaitu :
  • Secara langsung misalnya, dengan mengajarkan secara lisan tentang tradisi, adat istiadat, dan kebiasaan yang berlaku.
Contoh :
-          Seorang ibu mengajarkan anaknya bila ingin melakukan sesuatu harus berdo’a terlebih dahulu.
  • Secara tidak langsung misalnya dengan memberi contoh perilaku/perbuatan yang baik.
Contoh :
-          Masuk dan keluar rumah mengucapkan salam terlebih dahulu.
-          Bila lewat didepan orang yang lebih tua, membungkukkan badan.
-          Berjabat tangan dengan orang tua terlebih dahulu sebelum berangkat sekolah.
  1. Melalui cerita dongeng
Biasanya generasi tua akan menceritakan dongeng-dongeng kepada generasi muda. Dan didalam dongeng tersebut disispkan pesan-pesan mengenai perbuatan-perbuatan yang dipandang baik untuk dilakukan.
Contoh :
-          Seorang kakek menceritakan tentang kisah Kancil dan Buaya. Dalam cerita tersebut dapat diambil sisi positif bahwa kita harus bisa mencari cara untuk menyelamatkan diri dari bahaya yang akan menimpa kita, dan sisi negatifnya adalah kita tidak boleh berbohong kepada siapapun.
  1. Melalui Masyarakat
Masyarakat adalah sekelompok orang yang memiliki kesamaan budaya(yang diwariskan dari generasi ke generasi) wilayah, identitas, dan interaksi dalam suatu hubungan sosial yang terstruktur. Dalam masyarakat ada beberapa cara dalam mewariskan masa lalu diantaranya :
  1. Adat istiadat
Masing-masing masyarakat mempunyai adat istiadat yang berbeda. Setiap masyarakat harus patuh terhadap peraturan adat yang berlaku, jika seseorang melakukan penyimpangan maka dia akan disisihkan dari masyarakat.
Contoh :
-          Bila seseorang tidak ikut dalam kegiatan gotong royong maka dia akan merasa malu terhadap orang-orang disekitarnya.
  1. Pertunjukan hiburan
Seorang sarjana berkebangsaan Belanda Dr. J. L. Brandes menemukan 10 pokok kehidupan masyarakat Indonesia pada masa lalu. Salah satunya adalah melalui pertunjukan hiburan.
Contoh :
-          Hiburan wayang adalah salah satunya, dalam pertunjukan wayang tersebut terdapat manfaat yang sangat besar yang akan mengingatkan manusia akan sifat-sifat atau perbuatan-perbuatan manusia pada masa lalu.
  1. Kepercayaan masyarakat
Keyakinan yang dianut masyarakat di suatu tempat mengenai cara mengingat para leluhur mereka pada masa lalu.
Contoh :
-          Tugu batu menhir yang didirikan untuk tanda penghormatan kepada para leluhur mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar